Rabu, 08 Juni 2011

Definisi Training (Pelatihan) dan Pengembangan Karyawan


          Dengan semakin meningkatnya persaingan antar perusahaan ataupun organisasi maka pelatihan pada karyawan mutlak diperlukan agar perusahaan dapat terus berkembang dan mengikuti trend yang sedang ada. Menurut Wexley dan Yukl, pelatihan adalah istilah-istilah yang menyangkut usaha yang berencana yang diselenggarakan agar karyawan dapat mencapai knowledge, skill, dan attitude (biasa disingkat KSA) yang relevan terhadap pekerjaan. Selain pelatihan, perusahaan juga membutuhkan pengembangan untuk para karyawannya.
            Pegembangan memiliki arti yaitu proses pendidikan jangka panjang yang mana mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir, yang mana karyawan bagian SDM atau HRD mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritik untuk tujuan tujuan umum.
Pada prinsipnya batas antara training dan pengembangan tidaklah jelas. Ada yang menggunakan training melibatkan para karyawan tingkat bawah dan menampilkan masalah-masalah yang lebih faktual adn terbatas sedanga penggunaan pengembangan lebih menitik beratkan pada level manajer agar terampil dalam pembuatan keputusan-keputusan serta peningkatan dalam masalah human relation.

0 comments:

Posting Komentar