Senin, 04 Juli 2011

Leadership


Leadership dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kepemimpinan. Definisi yang diambil dari Handbook of leadership, kepemimpinan adalah suatu interaksi antar anggota dalam kelompok. Kepemimpinan dapat dipandang sebagai pengaruh antar pribadi yang dijalankan dalam suatu situasi tertentu (tannembaum, 1961). Jika pengertian kepemimpinan dikaji lebih jauh lagi, maka hal yang menarik adalah adanya proses interaksi dan saling mempengaruhi antar pribadi. Ini berarti bahwa aktivitas kepemimpinan akan berjalan dengan baik jika terjadi hubungan timbal balik melalui proses komunikasi yang jelas.
            Menurut  Gitosudarmo dan Sudita (1997), kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu proses mempengaruhi aktivitas dari individu atau kelompok untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu. Dari definisi tersebut, maka proses dalam kepemimpinan mempunyai tiga faktor yaitu:
1.     Pemimpin yang meliputi perilaku, ketrampilan, pengetahuan dan nilai-nilai.
2.     Kelompok yang meliputi norma, nilai, kepaduan, keterikatan pada tujuan, harapan kelompok, dan kebutuhan kelompok.
3.     Situasi yang meliputi nilai organisasi, teknologi, tuntutan tugas, dan variasi tugas.

0 comments:

Posting Komentar