Leadership dalam bahasa Indonesia bisa
diartikan sebagai kepemimpinan. Definisi yang diambil dari Handbook of leadership, kepemimpinan adalah suatu interaksi antar
anggota dalam kelompok. Kepemimpinan
dapat dipandang sebagai pengaruh antar pribadi yang dijalankan dalam suatu
situasi tertentu (tannembaum, 1961). Jika pengertian kepemimpinan dikaji lebih
jauh lagi, maka hal yang menarik adalah adanya proses interaksi dan saling
mempengaruhi antar pribadi. Ini berarti bahwa aktivitas kepemimpinan akan
berjalan dengan baik jika terjadi hubungan timbal balik melalui proses
komunikasi yang jelas.
Menurut Gitosudarmo dan Sudita (1997), kepemimpinan
didefinisikan sebagai suatu proses mempengaruhi aktivitas dari individu atau
kelompok untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu. Dari definisi tersebut,
maka proses dalam kepemimpinan mempunyai tiga faktor yaitu:
1.
Pemimpin
yang meliputi perilaku, ketrampilan, pengetahuan dan nilai-nilai.
2.
Kelompok
yang meliputi norma, nilai, kepaduan, keterikatan pada tujuan, harapan
kelompok, dan kebutuhan kelompok.
3.
Situasi
yang meliputi nilai organisasi, teknologi, tuntutan tugas, dan variasi tugas.
0 comments:
Posting Komentar