Minggu, 16 Juni 2013

Manfaat Vitamin A



                 Vitamin A memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu bagian tubuh kita yang erat kaitannya dengan vitamin A adalah mata. Manfaat vitaim A bagi mata adalah untuk mencegah terjadinya miopia atau yang sering dikenal sebagai rabun jauh. Namun vitamin A ternyata memiliki banyak manfaat selain untuk mata. Menurut beberapa penelitian, vitamin A dapat membuat mata dapat melihat lebih jelas pada malam hari, merangsang pertumbuhan sel darah putih, mencegah asma dan kanker paru-paru.
            Selain manfaatnya yang melimpah, vitamin A juga sangat mudah kita jumpai pada makan sehari-hari. Berbagai macam sereal, jus atau produk olahan lainnya saat ini sudah mengandung vitamin a. Kita juga bisa menjumpai vitamin a pada sayuran wortel, bayam, kubis, lobak, tomat dan brokoli. Vitamin A juga terdapat pada buah apel, pisang, anggur, kiwi, dan lemon. Selain sayuran dan buah, vitamin a juga bisa kita temukan pada susu sapi, susu kambing, udang, telur ayam dan ikan salmon.
            Hanya saja vitamin a memiliki efek samping apa bila dikonsumsi melebihi dosis yang dibutuhkan oleh tubuh. Efek samping yang bisa saja muncul apabila mengkonsumsi vitamin a secara berlebih adalah osteoporosis dan patahnya tulang pinggul pada manula. Efek samping yang bisa terjadi saat usia muda adalah merasa lelah, mual, sakit perut dan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak.
            Dosis yang disarankan untuk dikonsumsi agar efek samping dari vitamin a tidak terjadi adalah tidak lebih dari 2000 unit perhari pada anak-anak diatas 3 tahun, tidak lebih dari 3000 unit perhari pada anak-anak usia antara 4-8 tahun, tidak lebih dari 5700 unit perhari untuk usia 9-13 tahun, tidak lebih dari 9300 unit perhari untuk usia 14-18 tahun (100 mcg sebanding dengan ±320 unit).

0 comments:

Posting Komentar