Sabtu, 21 Mei 2011

SWOT Analysis

      SWOT analysis menyediakan penjelasan dimana untuk belajar tentang iklim organisasi dan dapat memberikan dasar untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Oleh karena itu Anda dapat menemukan analisis untuk membantu menangani studi kasus.

Strengths (Kekuatan) : segala sesuatu yang beraspek positif atau atribut istimewa atau kompetensi yang menyediakan keuntungan pasar yang signifikan atau sesuatu yang bisa membangun organisasi. Contohnya: mencari sesuatu yang unik atau berbeda dalam organisasi. Ini adalah karakteristik dari organisasi, seperti posisi pasar saat ini, ukuran, struktur, kemampuan manajerial, sumber daya fisik atau keuangan, staf, citra atau reputasi. Dengan mencari peluang yang sesuai dengan kekuatan organisasi untuk mengoptimalkan kinerja organisasi.

Weakness (kelemahan): segala sesuatu yang beraspek negatif atau kemampuan yang tidak dimiliki oleh anggota dalam organisasi atau image atau reputasi yang dapat membatasi efektifitas atau harus dibenahi atau membutuhkan tindakan untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan. Contohnya: hanya memiliki pasar yang sempit, akomodasi yang terbatas atau peralatan yang sudah usang, fixed cost yang tinggi, struktur birokrasi yang berbelit atau tingginya tingkat keluhan pelanggan.


Opportunities (peluang): kondisi yang menguntungkan dan biasanya timbul dari perubahan lingkungan eksternal organisasi. organisasi harus peka terhadap masalah strategi bisnis dan responsif terhadap perubahan misalnya, pasar baru, kemajuan teknologi, peningkatan faktor ekonomi, atau kegagalan pesaing. Menyediakan peluang potensial untuk menawarkan organisasi baru, atau untuk mengembangkan produk, fasilitas atau layanan.

 Treats (ancaman): kebalikan dari peluang dan situasi yang tidak menguntungkan yang timbul dari perkembangan lingkungan eksternal yang dapat membahayakan kinerja organisasi. Contohnya: perubahan undang-undang, pengenalan produk baru yang radikal oleh pesaing, kerusuhan politik atau ekonomi, dan perubahan dalam kondisi sosial. organisasi harus responsif pada perubahan yang sebelumnya sudah diperkirakan dan merencanakan antisipasi perubahan yang signifikan pada lingkungan eksternal  dan siap untuk menghadapinya.

Meskipun SWOT dapat menawarkan sejumlah keuntungan potensial untuk membantu untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, perlu dicatat bahwa proses tersebut tidak akan mengarah pada proses yang menyederhanakan analisis sebuah organisasi. Ada banyak cara untuk mengevaluasi kinerja organisasi dan efektivitas, dan berbagai kriteria kesuksesan.

0 comments:

Posting Komentar