Senin, 23 Mei 2011

Tujuan Analisis Jabatan

      Ghiselli dan Brown mengajukan 7 tujuan yang tampaknya sudah melingkupi semua tujuan yang dikemukakan oleh Zerga. Tujuan-tujuan itu adalah:

1. Pengembangan kriteria pengukuran kesuksesan kerja
Untuk mengetahui kriteria yang menentukan kesuksesan kerja, kita harus mengetahui aspek-aspek yang menditel tentang pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan dengan analisa jabatan.
2. Menetapkan struktur gunfsional jabatan-jabatan
Dalam prakteknya industri-industri maupun lembaga pemerintah seringkali mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan membagi-bagi pekerjaan dalam beberapa bagian. masing-masing bagian dikerjakan oleh orang-orang tertentu dengan sistem ban berjalan. apabila tidak jelas arus lalu lintas kerja, batas tanggung jawab dan kewenangan maka akan sering terjadi kekacauan dalam kerja.
3. Evaluasi jabatan
Penetapan upah kerja untuk setiap pekerjaan, dilakukan dengan menilai ditel-ditel dan volume pekerjaan tersebut dievaluasi dari segi pentingnya pekerjaan, taraf kesukaran, tingkatan pengalaman kerja, pengawasan yang diberikan dan pelatihan yang dimiliki.
4. Pengembangan tehnik yang digunakan untuk keperluan seleksi karyawan baru
Sifat pribadi seperti IQ, bakat, minat dan sebagainya dapat diketahui kegunaannya pada pekerjaan setelah pekerjaan dianalisis.
5. Pengembangan metode dan prosedur kerja yang lebih efektif
Untuk memperbaiki metode dan prosedur kerja, haruslah dimulai dengan penelitian terhadap gerakan-gerakan dan cara kerja yang lama. gerakan dan cara kerja yang kurang efektif diganti dengan yang lebih efektif.
6. Pengembangan alat-alat dan perlengkapan kerja yang lebih efektif
Analisa terhadap alat yang digunakan dalam bekerja akan menunjukkan ciri khas bermacam-macam situasi dimana alat tersebut digunakan.
7. Pengembangan program pelatihan
Tentang apakah yang harus dilatih dan bagaimana cara pemberian pelatihan suatu pekerjaan, dapat diketahui dari informasi tentanf aspek-aspek pekerjaan. analisa jabatan akan memberikan data tentang aspek tersebut.

0 comments:

Poskan Komentar