Senin, 30 Mei 2011

Definisi kepuasan kerja


Menurut Louis A. Allen, unsur manusia merupakan unsur yang penting dalam menjalankan roda industry. Allen mengatakan “ betapapun sempurnannya rencana-rencana, organisasi, dan pengawasan serta penelitiannya, bila mereka tidah dapat menjalankan tugasnya dengan minat dan gembira maka suatu perusahaan tidak akan mencapai hasil sebanyak yang sebenarnya dapat dicapai”. Dati uraian Allen ini dapat ditarik kesimpulan bahwa factor manusia berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Memberikan motivasi agar dicapai kepuasan bagi para karyawan merupakan kewajiban bagi setiap pimpinan perusahaan.
            Kepuasan kerja menurut Wexley dan Yukl (1977) adalah “is the way an employee feels about his or her job”. Kemudian oleh Vroom (1964) dikatakan sebagai refleksi dari job attitude yang bernilai positif. Tiffin (1958) berpendapat bahwa kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap dari karyawan karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan sesama karyawan.
            Dari batasan-batasan mengenai kepuasan kerja di atas sebenarnya batasan yang sederhana dan operasionil menurut saya adalah perasaan seseorang terhadap pekerjaan. Ini berarti bahwa konsepsi kepuasan kerja semacam ini melihat kepuasabn kerja itu sebagai hasil interaksi manusia dengan lingkungan kerjanya.

0 comments:

Posting Komentar