Menurut Louis A. Allen, unsur manusia merupakan
unsur yang penting dalam menjalankan roda industry. Allen mengatakan “
betapapun sempurnannya rencana-rencana, organisasi, dan pengawasan serta
penelitiannya, bila mereka tidah dapat menjalankan tugasnya dengan minat dan
gembira maka suatu perusahaan tidak akan mencapai hasil sebanyak yang
sebenarnya dapat dicapai”. Dati uraian Allen ini dapat ditarik kesimpulan bahwa
factor manusia berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Memberikan
motivasi agar dicapai kepuasan bagi para karyawan merupakan kewajiban bagi
setiap pimpinan perusahaan.
Kepuasan
kerja menurut Wexley dan Yukl (1977) adalah “is the way an employee feels about his or her job”. Kemudian oleh
Vroom (1964) dikatakan sebagai refleksi dari job attitude yang bernilai positif. Tiffin (1958) berpendapat bahwa
kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap dari karyawan karyawan terhadap
pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan sesama
karyawan.
Dari
batasan-batasan mengenai kepuasan kerja di atas sebenarnya batasan yang
sederhana dan operasionil menurut saya adalah perasaan seseorang terhadap
pekerjaan. Ini berarti bahwa konsepsi kepuasan kerja semacam ini melihat
kepuasabn kerja itu sebagai hasil interaksi manusia dengan lingkungan kerjanya.
0 comments:
Posting Komentar