Selasa, 10 Mei 2011

Definisi Employee Engagement


      Kahn merupakan peneliti pertama yang menggunakan istilah ‘engagement’ dan menghubungkannya dengan karyawan yang bekerja dalam sebuah organisasi.  Secara umum Kahn (1990, dalam Saks, 2005) mendefinisikan employee engagement sebagai kehadiran pekerja secara psikologis dalam melakukan peranannya di dalam organisasi. Kemudian dalam penelitiannya, Kahn menyebutkan dua istilah, yaitu personal engagement dan personal disengagement. Ia mendefinisikan personal engagement sebagai pekerja yang memanfaatkan dirinya secara fisik, pikiran dan emosional dalam kinerjanya bekerja. Sebaliknya Kahn juga mendefinisikan employee disengagement sebagai penarikan diri pekerja dari organisasi dengan tidak melibatkan diri secara fisik, pikiran maupun emosional dalam kinerjanya bekerja.     
      Perusahaan seperti Catterpillar mendefinisikan employee engagement sebagai tingkatan komimen, usaha, dan keinginan pekerja untuk tetap tinggal di organisasi. Kemudian Intuit, Inc. menggambarkan employee engagement sebagai gambaran bagaimana bekerja berfikir, merasa dan bertindak terhadap pekerjaannya, pengalamannya bekerja dan terhadap organisasi atau perusahaan. (Vance,2006)
      Kemudian lembaga – lembaga konsultan seperti Coorporate Leadership Council memiliki definisi tersendiri mengenai employee engagement yaitu tingkatan dimana pekerja berkomitmen terhadap sesuatu atau seseorang dalam organisasinya, seberapa keras mereka bekerja, dan seberapa lama ia tetap berada di organisasi sebagai hasil dari komitmen tersebut (Vance,2006).

0 comments:

Posting Komentar