Jumat, 19 Agustus 2011

Bagan Organisasi


            Apa yang terbesit dipikiran anda jika mendengar kata bagan? Sekumpulan kotak? Garis-garis?. Bila anda memikirkan seperti itu, berarti anda sudah memiliki gambaran tentang bagan. Tetapi bagaimana dengan bagan organisasi? Apa yang anda pikirkan?. Beberapa ahli memiliki definisinya masing-masing. Berikut definisi bagan orgnisasi menurut beberapa ahli:
1.     Hellriegel dan Slocum. Bagan organisasi adalah sebuah diagram yang menunjukkan hubungan dari fungsi, departemen, dan psosisi individu dalam sebuah organisasi.
2.     Ralp Currier Davis. Bagan organisasi adalah grafik atau semigrafik yang menunjukkan fungsi-fungsi, pengemlompokan fungsi-fungsi dan jalur tanggung jawab, wewenang dan akuntabilitas dalam sebuah organisasi.
3.     Henry G. Hodges. Bagan organisasi adalah desain struktur organisasi
4.     Louis A. Allen. Bagan organisasi adalah grafik yang menunjukkan data organisasi.

Dari beberapa definisi yang diungkapkan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan dari persamaan yang ada. Bagan organisasi adalah diagram yang menggambarkan struktur organisasi dimana setiap departemen, fungsi dan jabatan yang ada saling terhubung dengan jalur pertanggungjawaban dan wewenang sebagai penghubungnya.

0 comments:

Posting Komentar