Jumat, 19 Agustus 2011

Struktur Organisasi


            Struktur organisasi akan menjadi lebih jelas dan tegas apabila digambarkan dalam sebuah bagan. Hal ini penting dibuat agar struktur bisa dipahami secara gamblang oleh semua individu yang tergabung dalam organisasi tersebut. Definisi struktur organisasi adalah  sebuah sistem formal dari hubungan kerja yang memisahkan tugas-tugas (memperjelas siapa harus melakukan apa) dan mengintegrasikan tugas-tugas (bagaimana mereka harus bekerjasama). Memisahkan tugas dan kewajiban akan memperjelas tugas masing - masing jabatan. integrasi dari tugas menjelaskan bagaimana dan dengan siapa mereka bekerjasama termasuk bertanggung jawab kepada siapa.







Struktur organisasi memang penting dan dapat menggambarkan dengan jelas tentang hubungan antar jabatan yang ada dalam sebuah organisasi tetapi bukan berarti semua akan lancar dengan adanya struktur organisasi yang baik yang telah dituangkan pada sebuah bagan. Hal ini dibuktikan dari beberapa pendapat yang diungkapkan oleh beberapa ahli:

1.     Learned, Ulrich dan Boer mengatakan bahwa bagan organisasi tidak menunjukkan secara lengkap atau akurat atau gambaran dari organisasi tersebut.

2.     Spriegel dan landsburg menyatakan bagan organisasi layaknya diagram yang lain, tidak memuaskan karena banyakditel-ditel kecil dan hubungan antar individu dalam operasi organisasi tidak dapat digambar.


0 comments:

Posting Komentar